Discharger pada batere golf cart


Pengujian batere dengan unit Discharger 


Disini saya menggunakan Discharger merk Lester model 17770 dengan 2 fungsi discharger batere 36 V  (6 buah batere @ 6 V) dan 48 V (6 buah batere 8 V).





Karena masih ada beberapa lapangan golf di Indonesia yang masih menggunakan kendaraan golf bertenaga batere 36 V (6 buah batere @ 6 V).

Hal yang harus diperhatikan pada saat pengujian ini adalah batere harus dalam keadaan full charge, biasanya pada pagi hari dimana spesifik gravitasi selnya tidak berubah setelah dilakukan pembacaan beberapa kali dalam 1 jam (bila dalam 1 jam pembacaannya ada yang berubah turun secara drastis, misal pada awal pengukuran voltagenya 8 Volt dan pada saat di lakukan pengukuran ulang menjadi 7 Volt, dapat dipastikan batere tersebut sudah mulai lemah/rusak).

Catatan : 
Jangan lakukan pengujian ini pada batere baru atau waktu pemakaian kurang dari 1 tahun kecuali ada kasus kasus tertentu.



Langkah-langkah pengujian :

1. Siapkan form pengujian
2. Alat tulis
3. Multi tester
4. Kendaraan dalam kondisi fullcharge
5. Hubungkan clamp positif dan negatif discaharger unit pada batere (harus benar-benar mencengkram)
6. Pijit tombol start pada unit discharger

Unit akan padam secara otomatis pada 1.75 volt per cel ( 31.5 volt untuk yang 36 volt dan 42 volt untuk yang 48 volt) secara berurutan
Jika 1 batere atau cel dalam 1 batere lemah maka waktu pengujian akan lebih cepat selesai.
Lakukan pengujian satu persatu unit batere menggunakan tester pada saat indicator voltage pada kisaran voltage 32 volt untuk yang 36 volt dan 43 volt untuk yang 48 volt, karena pada saat itu kekuatan voltage pada setiap batere akan terlihat.
Batere yang voltagenya berkurang 1 volt dari angka pembacaan tertinggi dapat dipastikan bahwa batere tersebut sudah turun performanya (lemah).

Atau apabila waktu pengujian sangat pendek dibawah 50 menit terindikasi salah satu batere ada yang lemah, tapi bila anda menemukan pada waktu pengecharge-an (recharge) yang menggunakan charger konventional menunjukan lampu indicator warna kuning berkedip dan waktu dilakukan pengujian (discharge) timer indicatornya masih menunjukan angka di atas 60 menit saya sarankan untuk membuang elektrolite pada seluruh batere dan isi dengan air aki zuur dan kemudian lakukan pengecharge-an lagi biasanya masalah teratasi.
Karena kasus seperti itu lebih di karenakan elektrolit yang ada di dalam batere sudah netral.

Demikian semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment